Pengertian dan Jenis-Jenis Ekstensi Domain


Halo semua!

Bertemu lagi dengan saya.Pertama-pertama saya akan membahas macam-macam ekstensi domain.Ketika seseorang ingin membuat blog/website maka hal tersebut tidak akan terlepas dari kata hosting dan domain.

secara umum hosting itu dapat dipahami sebagai sebuah blog,sedangkan domain merupakan alamat blog atau alamat penyimpanan tersebut.

Jika hosting adalah sebuah blog dan domain adalah alamat blog maka ekstensi domain adalah identitas/klasifikasi blog tersebut apakah sebuah itu
lembaga,organisasi,sekolah,
pemerintahan atau yang lain.

A.Ekstensi domain yang umum digunakan

1. .com

.Com Merupakan singkatan dari kata"commercial" yang artinya "komersial" dan merupakan ekstensi yang paling banyak digunkan di dunia.

Awalnya dirancang untuk melayani situs web berorientasi komersial,com tingkat atas.Ekstensi domain di peruntukkan bisnis secara umum baik pada blog perusahaan atau pribadi.


2. .Net

Net merupakan singkatan dari kata network atau networking (jaringan).Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan.Web-hosting perusahaan atau bisnis lain yang terlibat langsung dalam infrastruktur internet.

Akan tetapi umumnya penggunanaan domain ini juga biasa digunkan untuk apa saja seperti domain dot com,hal itu karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftaran.


3. .ORG

ORG merupakan singkatan dari organisation(organisasi).Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk blog organisasi,lembaga tertentu atau perkumpulan-perkumpulan.Domain ini juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.


4. .BIZ

BIZ merupakan singkatan dari business(bisnis/usaha).Ekstensi domain  ini sering digunakan untuk usaha/bisnis,lembaga usaha,maupun toko online dan lainnya yang terkait.

Domain BIZ sebenarnya hampir sama tujuannya dengan .Com dan .Net yang bisa dijadikan alternatif jika domain tersebut sudah ada yang punya.


5. .INFO

INFO merupakan singkatan dari information(informasi).Domain jenis ini bisa digunakan untuk blog apa saja termasuk blog pribadi.Akan tetapi Ekstensi domain info lebih tepat dipakai untuk blog yang bersifat informasi contohnya lalu lintas, sejarah dan lain-lain.Menggunakan domain ini tidak memiliki persyaratan khusus untuk mendapatkannya.


6.TV

TV merupakan singkatan dari kata television dan domain .TV berasal dari Negara tuvalu yaitu cctld.Domain ini digunakan pada blog yang berisi entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan yang lain-lain.


7. .Name

Name murapakan singkatan dari kata nama.Domain ini Ditujukan untuk identitas personal atau keluarga.Domain ini sangat tepat digunakan bagi pemilik blog yang ingin mengenang nama/keluarga atau pribadinya pendiri.


8. .MOBI

MOBI merupakan singkatan dari (mobile).Menjamin sebuah format standar untuk mengakses website dan aplikasi online melalui perangkat mobile seperti ponsel dan PDA.Dicadangkan untuk situs web yang dibangun agar mudah dilihat pada perangkat mobile.


B.Ekstensi Domain yang khusus penggunaannya




1. .EDU

Merupakan singkatan Education yang berarti pendidikan,ditunjukan untuk blog jenis lembaga pendidikan.


2. .GOV

Merupakan singkatan dari government yang artinya pemerintahan,ditunjukan untuk blog jenis lembaga dan instanasi pemerintahan.


3 .MIL

Merupakan singkatan dari military artinya adalah militer,ditujukan untuk blog jenis badan kemiliteran.

4. .INT

Merupakan singkatan dari kata international yang artinya internasional ditujukan untuk blog jenis yang bersifat organisasi/kelompok internasional.

5. .SCH

Merupakan singkatan dari school artinya sekolah.ditujukan untuk blog jenis yang bersifat lembaga pendidikan seperti SMA,SMP,SD.

Demikian penjelasan dari saya,kalau ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan dan masih banyak lagi ekstensi domain yang lain,dan sampai jumpa.

Baca Juga:
Pengertian dan Perbedaan Me Tube dengan YouTube secara Lengkap

Definisi dan Download Game The Pirate Caribbean Hunt

SALAM LizardSky

Referensi:
www.terwujud.com

Tags:
#Pengertian Ekstensi Domain(com,co.id,net,org,web,dll)
#Macam-macam ekstensi domain #13 ekstensi domain #apa yang dimaksud ekstensi domain #fungsi dari ekstensi domain #kegunaan dari ekstensi domain #macam-macam ekstensi yang sering digunakan #macam-macam ekstensi khusus kegunaannya #apa saja ekstensi domain #sebutkan macam-macam ekstensi domain #macam-macam domain lengkap
#mengenal domain beserta ekstensinya #fungsi dan pengertian dari ekstensi domain #pengertian nama-nama ekstensi domain #jenis-jenis ekstensi website #pengertian,fungsi,contoh,jenis domain #ekstensi nama domain sesuai fungsi dan kode negaranya #ekstensi domain yang khusus #ekstensi domain yang umum #semua ekstensi domain #apa yang dimaksud ekstensi domain
#Jenis-Jenis Ekstensi Domain dan Kegunaannya #Domain #Ekstensi Domain #Macam Ekstensi Domain #Macam-Macam Ekstensi Domain #Yt #YouTube #MeTube #Manfaat MeTube


Jangan Lupa Di Share Yah

Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan topik diatas.
=>Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan.
=>Dilarang berkomentar yang mengandung SARA/RASIS
=>Komentar dengan link akan dihapus
Terima Kasih :)
Salam LizardSky